Sabtu, 12 April 2014

Koi Sleeping Disease


Penyakit ikan koi tidur merupakan respon terhadap stress pada koi. Hal ini terjadi ketika ikan koi terkena penyakit dan tidak di obati. Ciri-ciri yang paling mudah dilihat adalah ikan akan terlihat kehilangan energi dan berenang dengan perlahan.

 Biasanya mereka akan berenang di permukaan kolam dan tetap berada pada pinggiran kolam. Lalu bagaimana untuk mengobati penyakit koi tidur ini? Di bawah ini kami akan memberikan informasi bagaimana menyembuhkan mereka dan cara perawatannya.

Parasit dan Infeksi
Seperti apa yang disampaikan sebelumnya. Penyakit tidur pada ikan koi terjadi karena ikan mengalami stres yang ekstrim. Biasanya stres ini terjadi karena ikan terkena parasit dan virus yang menginfeksi populasi koi di kolam.

Langkah pertama untuk mengobati penyakit ikan Koi tidur adalah melakukan inspeksi menyeluruh pada populasi ikan koi. Cek apakah mata ikan ditutupi selaput putih, pembusukan disekitar ekor, dan jamur pada insang.

Jika koi memiliki beberapa penyakit tersebut, segera obati koi sesuai penyakitnya. Jika penyakit hanya menyerang beberapa populasi ikan, segera karantina ikan koi yang sakit. Hal ini akan mencegah penyakit menular pada ikan koi lainnya.

Kualitas Air
Kualitas air sangat penting bagi kesehatan ikan. Semua jenis ikan memiliki batas toleransi pada kualitas air dan kadar pH. Bila kualitas air sangat buruk, maka ikan akan menunjukan perilaku aneh.

Ikan koi termasuk ikan yang sangat sensitif terhadap kualitas air. Oleh sebab itu, menjaga kualitas air dan kadar pH sangat penting. Lakukan tes pH pada air dan buat penyesuaian agar kadar pH berada pada angka 7 sampai 8,5.

Air Garam
Mandi garam adalah pengobatan yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit ikan koi tidur. Kita bisa menggunakan 16 ons garam untuk 10 galon air pada tangki yang digunakan untuk karantina ikan koi.

Tingkatkan suhu air sampai 26 derajat celsius pada tangki karantina dan biarkan ikan berada pada tangki karantina selama lima menit. Jika ikan sudah kembali normal, anda bisa mengembalikan koi pada kolam.

Kenyamanan Lingkungan
Menjaga lingkungan kolam agar tetap nyaman adalah salah satu pencegahan terhadap stres pada ikan koi, terutama penyakit tidur. Kita bisa menambahkan tepian batu pada kolam dan desain kolam agar ikan koi bisa bersembunyi ketika mereka merasa terancam.

Kita juga bisa menambahkan vegetasi alami untuk meniru habitat asli ikan koi. Kita bisa menggunakan bubbler untuk oksigen dan sistem filtrasi sebagai pasokan air bersih. Pastikan juga kolam bisa terkena cahaya matahari yang cukup.

Demikianlah informasi tentang penyakit ikan koi tidur dan cara penangannanya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda pencinta ikan koi. Sampai bertemu lagi pada artikel selanjutnya.

1 komentar: